Aplikasi Pengajaran

  •  CAI (Computer Assisted Instruction)
Dengan adanya aplikasi-aplikasi diatas sangat membantu bagi para murid untuk belajar sambil bermain, sehingga tidak adanya sebuah fasilitas yang digunakan sepenuhnya untuk kesenangan seamta. Para guru pun lebih mudah untuk mengimplementasikan bahwa dunia komputer sangat berperan untuk memajukan putra-putri bangsa Indonesia menjadi manusia yang kreatif dan inofativ.

Namun Teknologi Sekarang Membuat Beberapa Ancaman Baru Terhadap "Anak-Anak Bangsa Yang Cerdas" Diantaranya .
  • Banyak sekali siswa-siswi sudah biasa membuang terlalu banyak waktu main games, misalnya Play Station dan Games Online. Waktu ini sebaiknya digunakan untuk menambah kemampuan mengulang pelajaran dari sekolah. Sebagai siswa-siswi atau orang tua yang bertanggungjawab kita perlu sangat membatasi atau memonitor waktu anak-anak kita main games atau akses Internet.

    Ingat bahwa main games hanya dapat menyiapkan anak-anak kita untuk jurusan pengangguran!
  •     Terlalu banyak siswa-siswi juga sudah mulai menghabiskan banyak waktu di Internet di situs-situs hiburan (atau cari jodoh) seperti Facebook, Yahoo Messenger dan Friendster di mana mereka hanya menghabiskan waktu, yang sangat tidak produktif, dan perlu dibatasi. Kalau kita rajin keliling warnet setelah jam sekolah kita dapat melihat bahwa kebanyakan siswa-siswi sedang sibuk dengan chatting dan e-mail (pergaulan).

    Ini juga baik untuk mereka yang hanya berharap ikut pengangguran!
  •     Lebih dari 90% bahan dan informasi yang bermutu, yang dapat meluaskan dan membuka pikiran dan kreativitas anak kita di Internet dalam bahasa Inggris (the international language). Internet sebagai sumber informasi saja sangat terbatas untuk anak-anak kita karena bahan dan informasi bermutu dalam bahasa Indonesia adalah sangat sedikit. Sebetulnya ada banyak isu yang jauh lebih penting. Misalnya!

    Lebih baik mereka menggunakan waktunya untuk belajar bahasa Inggris supaya mereka dapat berpartisipasi di dunia global, kan? Maupun membuka pintu kerja di seluruh dunia.
  •     Informasi dan bahan pembelajaran yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan siswa-siswi mereka akan menerima di sekolah oleh guru. Kadang-kadang gurunya akan menambah kegiatan seperti penelitian di mana siswa-siswi diberi tugas mencari informasi dari Internet. Ini kegiatan yang baik dan adalah fokus. Kegiatan begini sebaiknya dilaksanakan di luar jam sekolah supaya tidak makan waktu di sekolah yang masih sangat kurang.
KOMPUTER DAN DUNIA USAHA


Dengan adanya gambar diatas, bahwa peranan komputer terlihat jelas dimana sistem informasi pada komputer sangatlah membantu untuk kemajuan dan mendukung segalanya terhadap kemajuan suatu bisnis yang dilakukan. Sebagai contoh pada saat seseorang menginginkan sebuah informasi tentang keadaan bisnisnya yang sedang terpuruk, tidak mungkin seseorang mengkaji sedetail mungkin untuk melihat kekurangan dan kelebihan yang ada di bisnisnya, melainkan dengan dibantunya sebuah sistem informasi maka pemilik bisnis itu dapat melihat dengan mudah dengan menggunakan sistem informasi yang terdapat pada komputer.



Dengan kebutuhan yang dibuthkan dalam dunia bisnis ini lahirlah sebuah "SISTEM INFORMASI MANAJEMEN" atau biasa disingkat menjadi SIM. SIM adalah Jaringan prosedur pengolahan data yang dikembangkan dalam suatu organisasi untuk memberikan informasi kepada manajemen untuk mendukung pengambilan keputusan dalam rangka mencapai tujuan organisasi. Adapun informasi-informasi yang dapat di manfaatkan oleh bidang bisnis pada informasi.
Informasi adalah bahan bagi pengambilan keputusan yang berfungsi untuk:
    • Menambah pengetahuan pemakai informasi
    • Mengurangi ketidakpastian pemakai informasi karena  dapat memberikan gambaran tentang suatu permasalahan sehingga pengambil keputusan dapat menentukan keputusan secara lebih cepat.
    • Menjadi standar, aturan, maupun indikator bagi pengambil keputusan untuk menentukan keputusan secara lebih baik.
  • Diperlukan Sistem Informasi manajemen supaya informasi sebanyak apapun dapat dikelola secara efektif dan efisien.


Tentunya pada gambar diatas semakin tinggi pangkat maka cakupan pekerjaan semakin rendah begitu juga sebaliknya, namun pada SIM ini ada beberapa yang harus disiapkan :
  1. Sumber Daya Manusia
  2. Sumber Daya Hardware
  3. Sumber Daya Software
  4. Sumber Daya Data
  5. Sumber Daya Jaringan

KOMPUTER DAN PEMERINTAHAN
Tujuan : 
Memberi kemudahan dan kesederhanaan prosedur, sehingga penerapannya memerlukan perubahan struktur organisasi pemerintahan itu sendiri.
Membentuk hubungan:
G2C (Governmet to Citizen)
G2B (Government to Business)
G2G (Government to Government)

Manfaat :
Peningkatan hubungan antara:
Pemerintah
Pelaku bisnis
Masyarakat umum

Aplikasi Komputer di Pemerintahan

Aplikasi kepegawaian
Aplikasi di pemerintahan daerah
Aplikasi Surat tanda nomor kendaraan bermotor (STNK)
Aplikasi perpajakan
Aplikasi pertanahan
dll